Tips Mudah Belajar Web Design dengan HTML

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
belajar-web-design-dengan-html-dreambox

Sebelum Belajar Web Design dengan HTML, Mari Mengenal tentang Website!

Membuat design web saat ini sudah semakin mudah dilakukan, hal ini karena sudah banyak tersedia sumber gratis untuk belajar dasar web design, seperti HTML atau CSS. Sehingga, Anda dapat dengan mudah belajar web design dengan HTML.

Bagaimana cara untuk dapat membuat website dengan HTML? Apa saja yang harus dipersiapkan dan dikuasai?

Pada era ini, berbagai jenis teknologi sudah menjadi bagian dari hidup manusia, salah satunya internet. Jika Anda mengenal internet, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah website.

Website merupakan halaman yang berada di internet dan dapat diakses secara luas. Karena aksesnya luas, maka dapat menghubungkan berbagai kelompok tanpa batas jarak. Anda dapat mengaksesnya dimana saja dengan menggunakan ponsel.

Dalam penggunaannya, terdapat berbagai jenis fungsi yang bisa didapatkan dari website. Bisa jadi, suatu website digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan berbagai barang dan jasa. Biasanya, sering disebut dengan toko online.

Website juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain, misalnya menjadi website perusahaan atau organisasi. Dengan demikian, maka website dapat menjadi tempat untuk memberikan berbagai informasi tentang perusahaan atau organisasi mereka.

Selain itu, tidak sedikit orang yang menggunakan website untuk blog atau kepentingan pribadinya. Sebagai contoh, untuk membagikan catatan perjalanannya.

Berbagai website juga memungkinkan terjadinya interaksi dengan pengunjung. Ada juga yang memberikan tautan ke media sosial atau media lainnya supaya pengunjung dapat langsung menuju sana.

Untuk dapat membuat website, Anda dapat belajar web design dengan HTML. HTML akan memudahkan Anda dalam membuat website.

Cara Membuat Web Design dengan HTML dan CSS

Website memiliki berbagai fungsi yang dapat disesuaikan dengan tujuan pembuatnya. Untuk dapat menjalankan fungsi yang diinginkan, maka website perlu didesain sedemikian rupa.

 Pembuatan website perlu menyesuaikan dengan jenis dan tujuan website. Website yang digunakan untuk jual beli bisa jadi memiliki tampilan yang berbeda dari blog pribadi atau website perusahaan.

Website dapat dibuat dengan menggunakan dengan HTML dan CSS. Dalam belajar web design dengan HTML dan CSS, maka Anda perlu mengetahui lebih dalam tentang HTML dan CSS.

1.     Pahami Berbagai Dasar HTML

HTML merupakan pemrograman website yang paling dasar. Untuk dapat menjadi website design, maka pertama yang perlu dilakukan adalah belajar dan memahami dasar dari HTML.

Untuk dapat menguasai HTML, maka terdapat berbagai jenis tag yang harus dipelajari. Setiap tag, perlu dipahami fungsi dan kegunaannya, serta bagaimana hasil akhirnya.

Tidak hanya mengenali dan memahami, namun perlu dilakukan berbagai praktik dan percobaan, sehingga semakin memahami fungsi dan hasilnya.

Supaya dapat lebih memahami tentang HTML, sebaiknya Anda melakukan praktik dengan membuat layout yang sederhana. Misalnya, hanya terdiri dari header, konten, dan footer.

Latihan ini bisa jadi tidak langsung memuaskan atau menghabiskan banyak waktu. Namun, dengan inilah Anda semakin memahami bagaimana cara menggunakan HTML dengan maksimal.

2.     Pelajari Penggunaan CSS

Hal selanjutnya yang perlu dipelajari adalah penggunaan CSS yang merupakan singkatan dari Cascading Style Sheet. Penggunaannya akan membuat tampilan dari website menjadi semakin bagus dan menarik.

Jika HTML adalah kerangka dari website, maka CSS akan membungkusnya sehingga lebih nyaman untuk dilihat. Kedua hal ini nantinya berkolaborasi untuk membuat website Anda.

Hal yang dasar dan penting untuk dimengerti oleh pembuat web yaitu tipografi. Hal ini menjadi penting karena tipografi yang sesuai akan membuat isi dari website lebih mudah untuk dipahami pengunjung.

Selanjutnya, jenis warna dan latar perlu diperhatikan sehingga Anda dapat membuat visual yang menarik dan berkesan.

Setelah belajar kedua hal di atas dan merasa sudah cukup menguasainya, maka selanjutnya Anda bisa mulai membuat website dengan menggunakan HTML dan CSS. Setelah belajar web design dengan HTML dan CSS , maka Anda bisa mendesain sendiri website Anda.

Tahap Lanjutan dalam Membuat Website

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan, berbagai tahapannya dapat disesuaikan dengan keperluan dari website Anda.

1.     Buat Kerangka Website

Setelah mempelajari kedua hal di atas, maka saatnya Anda masuk ke tahap awal dari pembuatan website. Hal yang perlu dibuat adalah kerangka website atau wireframe.

Kerangka ini berguna untuk menjadi garis besar dalam pembuatan website. Dengan adanya kerangka, maka Anda tidak perlu bingung tentang desain website seperti apa yang akan dibuat.

Pembuatan kerangka harus mencakup segala isi dari website yang akan Anda buat. Nantinya, ini akan menjadi patokan.

2.     Instal Text Editor

Langkah berikutnya yaitu menginstal text editor. Anda harus menginstal aplikasi coding yang nantinya akan digunakan. Aplikasi ini yang nantinya akan menemani langkah-langkah selanjutnya.

3.     Buat Folder Baru supaya Lebih Mudah

Folder baru akan membuat Anda lebih mudah ketika nanti hendak menyimpan hasil dari coding yang dibuat. Dengan folder baru, dapat membuat penyimpanan hasil lebih rapi dan tidak tercampur dengan hal lainnya.

Berbagai gambar yang diperlukan, juga dapat disimpan di folder ini supaya mudah untuk digunakan saat diperlukan. Selain itu, gambar pun tidak mudah tercecer atau hilang.

4.     Buat File Index dengan Nama yang Diinginkan

Selanjutnya, Anda dapat membuat file dengan nama index.html yang Anda sukai. Buatlah nama di text editor atau aplikasi yang sudah diinstal.

5.     Buat File Style sesuai Keperluan Website

Jika sudah membuat index.html, maka selanjutnya adalah membuat file style.css. Anda dapat membuatnya pada text editor yang sama, lalu letakkan di folder yang sama.

Deskripsi dari file ini dapat diisi dengan spesifikasinya. Misalnya, membuat header, konten, serta footer.

Semua dapat disesuaikan dengan berbagai keperluan website Anda. Perhatikan betul hal-hal yang perlu ada dalam website Anda, sehingga hasil akhirnya sesuai dengan harapan.

6.     Setelah Selesai, Hubungkan CSS dan HTML

Setelah semua langkah terkait HTML dan CSS sudah selesai. Langkah terakhir adalah Anda perlu menghubungkannya. Hubungkan file CSS yang telah dibuat dengan file HTML.

Jika belum dihubungkan, maka Anda tidak dapat menjalankan program yang telah dibuat di file CSS ketika sedang menjalankan file HTML.

Selanjutnya, untuk dapat membuat file lainnya sebagai isi konten, maka Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebelumnya ketika membuat index.html.

Itulah cara membuat web design dengan HTML dan CSS. Ini dapat menjadi dasar untuk website buatan Anda, sebelum akhirnya Anda tambahkan berbagai konten dan hal-hal lain sesuai kebutuhan.

Website dapat digunakan untuk berbagai fungsi sesuai kebutuhan serta keinginan Anda. Dengan adanya website, berbagai pekerjaan Anda juga dapat terbantu.

Untuk membuatnya, memang membutuhkan banyak belajar. Selain itu, berbagai latihan juga diperlukan untuk dapat membuat website sesuai harapan.

Jika Anda hendak membuat website, namun merasa terlalu sulit atau tidak ada waktu untuk  belajar web design dengan HTML, maka salah satu cara dapat dilakukan yakni menggunakan jasa pembuatan website.

Terdapat berbagai jasa semacam ini, misalnya Dreambox yang merupakan jasa pembuatan website yang profesional dan berkualitas. Dengan menggunakan jasa profesional, maka Anda akan mendapat website sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Tujuan dari website Anda pun juga lebih mudah tercapai.

Jadi, ketika Anda mengalami kesulitan dalam belajar web design dengan HTML tetapi perlu segera membuat website, maka Anda dapat langsung mengunjungi layanan website Dreambox atau menghubungi kontak.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms