15 January 2021

Revolusi industri 4.0 sudah digaungkan sejak beberapa tahun belakangan ini, dan pelaku bisnis digital marketing secara perlahan terus merangkak naik.

Anda yang ingin memiliki bisnis besar dan bertahan di era revolusi industri 4.0 tersebut, tentu perlu menjalankan bisnis berbasis digital.

Baca Juga: Inilah Tips Membuat Rencana Pemasaran Produk Secara Digital

Namun, sebelum mulai merintis bisnis ini sebaiknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Sebab ada banyak keuntungan bisa didapatkan ketika menekuni bisnis dengan bekal persiapan matang.

Pentingnya Persiapan Sebelum Menjalankan Bisnis

Membahas mengenai bisnis digital marketing tentunya tidak dapat dilepaskan dari yang namanya persiapan. Meskipun bisnis digital diklaim lebih mudah dan lebih minim resiko dibanding bisnis konvensional. Nyatanya, tidak sedikit bisnis berbasis digital yang berguguran.

Supaya tidak menjadi salah satunya, maka mempersiapkan bisnis sebaik mungkin sejak awal sangatlah penting. Berikut manfaat yang bisa dipetik:

  •     Memiliki kesiapan modal yang cukup, sebab yang namanya bisnis dijamin di masa awal masih kesulitan memperoleh pemasukan yang layak.
  •     Paham harus dimulai darimana sebab sudah merencanakan perjalanan bisnis digital ini sejak awal.
  •     Mengetahui berbagai resiko yang mungkin dapat terjadi, termasuk resiko gulung tikar sehingga bisa menyiapkan solusi untuk mengatasinya.
  •     Memiliki produk yang siap dipasarkan atau memiliki produk yang memang sesuai permintaan pasar, sehingga resiko gagal bisa diperkecil.
  •     Siap untuk bersaing, apalagi bisnis berbasis digital lebih leluasa bersaing dengan pemain bisnis skala besar. Adanya persiapan membantu mengikuti arus persaingan bisnis yang sehat.

Ada lebih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan jika memulai bisnis digital marketing dengan persiapan matang. Memahami pentingnya persiapan ini maka mulailah menyusunnya dari sekarang. Namun, persiapan apa saja yang sebaiknya dilakukan?

Persiapan Menjalankan Bisnis Digital Marketing

Berikut adalah sejumlah persiapan penting untuk membantu memulai bisnis berbasis digital marketing:

1. Menentukan Tujuan Bisnis

Persiapan pertama dalam menjalankan bisnis digital adalah menentukan tujuan. Mengapa ini penting dilakukan di awal? Sebab dengan tujuan yang jelas, maka bisa menentukan strategi bisnis yang tepat. Selain itu, dengan adanya tujuan yang jelas maka akan memudahkan Anda untuk fokus, sekaligus selalu semangat menjalankan bisnis sampai tujuan tersebut bisa dicapai.

2. Membuat Website

Persiapan berikutnya adalah membuat website, tentunya website berbayar untuk memberi kesan profesional. Website ini nantinya bisa digunakan sebagai media pengenalan saja.

Bisa pula dijadikan media untuk melayani konsumen, misalnya dijadikan sebagai tempat untuk transaksi. Proses pembuatan website ini bisa cukup lama, karena perlu didesain sedemikian rupa agar mencerminkan produk atau jasa yang dipasarkan.

3. Memiliki Akun Media Sosial

Memiliki website saja tidak akan cukup untuk bisa menjalankan bisnis digital dengan baik. Supaya bisa membangun kepercayaan target pasar dan memberi pelayanan yang lebih profesional. Maka perlu membuat akun resmi di sejumlah media sosial popular. Utamakan Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube.

4. Memahami Search Engine Optimization

Sukses dengan bisnis digital juga dengan mempersiapkan diri menguasai dan memahami SEO atau Search Engine Optimize. SEO merupakan cara organik untuk memasukan halaman website di ranking pertama atau halaman rekomendasi pertama dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan sejenisnya.

Proses untuk SEO bisa berjalan sesuai harapan bisa memakan waktu berbulan-bulan. Maka penting sekali untuk memulai dan menyiapkannya jauh-jauh hari, sekaligus menjadi upaya branding di awal.

5. Melakukan Riset Pasar

Persiapan berikutnya adalah melakukan riset, tujuannya untuk menentukan produk maupun jasa jenis apa yang akan disediakan. Selain itu, bisa melihat kondisi persaingan, kisaran harga yang layak, dan lain sebagainya. Sehingga sebelum menjalankan bisnis digital pastikan melakukan riset dulu.

Persiapan di atas akan memudahkan Anda untuk merintis dan mengembangkan bisnis digital marketing. Jadi, jangan ragu untuk mencoba menerapkannya. 

Baca Juga: Membangun Brand Identity yang Tepat untuk Meningkatkan Keberhasilan Bisnis

Dreambox Branding Consultant dapat membantu Anda dalam proses membuat nama brand dan proses branding yang menarik. Anda dapat menghubungi Dreambox untuk berkonsultasi dan bekerja sama dalam proses branding yang akan dilakukan pada perusahaan Anda.