06 November 2019

“Langkah membuat brand identity yang tepat.”

Berbicara tentang brand, mungkin banyak dari kita yang penasaran tentang bagaimana brand bisa membawa kesuksesan pada suatu perusahaan. Ada banyak brand di luar sana yang mungkin menurut kita sederhana dan biasa saja tetapi dampaknya ternyata luar biasa pada perusahaan tertentu. Langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk menguatkan brand kita. Strategi penguatan brand inilah yang disebut sebagai brand identity.

Baca Juga: 5 Hal Sebelum Melakukan Branding Strategy

Hal ini tentunya penting karena bisa menentukan keberhasilan dari bisnis Anda di masa depan. Dengan brand identity, persepsi dari konsumen tentang bisnis yang Anda miliki bisa Anda bentuk sedemikian rupa. Umumnya brand identity lebih berhubungan dengan logo. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen tentang perusahaan Anda pastinya akan lebih mudah dipahami jika Anda menyertakan warna ataupun simbol yang menarik pada brand Anda.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa brand identity lebih menitikberatkan kepada kemungkinan tentang bagaimana karakter bisnis Anda bisa dipahami konsumen dalam skala luas. Tentu dibutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit dalam prosesnya. Brand identity yang kuat akan berdampak kepada kelangsungan bisnis Anda, di antaranya bisa meningkatkan distribusi yang lancar antara penjual dan pembeli, dan meningkatkan loyalitas konsumen akan produk Anda yang terkenal karena kualitas, dan lain sebagainya.

Beberapa Hal Penting 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya adalah, pertama jangan terlalu menghabiskan energi pada pemilihan nama brand. Langkah terbaik yang harus dilakukan adalah membuat strategi pemasaran terlebih dahulu, siapa target Anda, tujuan apa yang ingin dicapai, apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan Anda dan sebagainya. Baru setelah itu nama ataupun logo bisa Anda buat. Kedua adalah pemilihan warna dan tagline.

Nilai dari brand Anda juga bisa naik karena hal kecil seperti pemilihan warna dan kata yang tepat. Gunakan perpaduan warna untuk menarik perhatian konsumen, pakai warna terang tidak ada salahnya. Anda juga bisa menggunakan warna populer, seperti hijau untuk meningkatkan nafsu makan, merah untuk semangat, dan lain-lain.

Gunakan tagline untuk brand Anda jika perlu, harus dengan kata yang terkesan unik dan nyaman di telinga. Brand identity tidak harus sama dengan mereka yang memiliki bisnis sejenis, Anda bisa membuatnya berdasarkan ciri khas perusahaan Anda. Jangan cepat menyerah karena ini adalah proses yang berkelanjutan, baik Anda melakukan brand identity sendiri ataupun menggunakan jasa perusahaan tertentu, pemilihan brand identity yang baik tentunya akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Mulailah bereksperimen dan luangkan waktu untuk belajar apa yang harus dan tidak harus dilakukan dalam proses pembuatannya.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Agar Mudah Dikenal Dan Disukai

Dreambox Branding Consultant yang dapat membantu Anda dalam proses membangun brand identity yang baik dan terarah. Anda dapat menghubungi Dreambox untuk berkonsultasi dan bekerja sama dalam proses pembentukan brand identity yang akan dilakukan pada perusahaan Anda.