23 March 2021

Melakukan branding yang efektif sebagaimana yang dilakukan oleh brand terkenal adalah langkah brilian untuk meningkatkan konversi penjualan.

Dalam kegiatan pemasaran, proses ATM (amati, tiru, modifikasi) sudah lumrah untuk dilakukan. Anda pun bisa melakukan ATM brand terkenal untuk kegiatan branding Anda. Kira-kira, kegiatan branding seperti apa yang sudah berhasil dilakukan oleh brand-brand ternama sehingga wajib untuk ditiru? 

Baca Juga: 4 Alasan Brand Lokal Ini Laku Keras

Kegiatan Branding dari Brand Terkenal yang Sukses

Kegiatan branding merupakan segala aktivitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Jenis atau bentuk kegiatan branding cukup beragam. Supaya bisa memilih yang memang cukup efektif, maka Anda bisa melakukan ATM dari kegiatan branding yang sukses dilakukan oleh sejumlah brand terkenal. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Hermes dengan Websitenya yang Memukau

Hermes merupakan brand terkemuka yang memproduksi tas para sosialita. Tas buatannya dikenal memiliki desain yang sederhana namun elegan dengan balutan material berkualitas. Ciri khas lain yang meningkatkan nilai dari tas Hermes adalah murni buatan tangan, dimana pengrajin membutuhkan waktu minimal 18 jam untuk menyelesaikan pembuatan satu tas. Apakah brand yang memiliki tas termurah di harga Rp 12 juta ini hanya mengandalkan faktor-faktor tersebut? Ternyata tidak berhenti di situ, Hermes mencoba melakukan kegiatan branding yang menarik di website resminya. Konten menarik dan kreatif di websitenya selalu dinantikan oleh pecinta brand tersebut, dan siapa sangka tindakan tersebut semakin mengukuhkannya sebagai penyedia tas branded terbaik di dunia. 

2. Nike dengan Layanannya DM di Twitter

Nike tidak hanya dikenal melalui tagline-nya yang mendunia, namun juga lewat strategi brandingnya yang menarik dan sukses besar. Salah satu brand terkenal untuk kategori sepatu olahraga ini tampil maksimal di Twitter dengan layanan pelanggan yang cepat dan tanggap. Profesionalitas timnya melayani DM para pelanggan di Twitter mampu merebut hati siapa saja dan membuat produknya semakin dikenal dan diburu di seluruh dunia. 

3. Rolex Lewat Gambar-Gambar Klasik di Media Sosial 

Rolex dikenal sebagai penyedia jam tangan mewah yang menjunjung tinggi unsur klasik dalam setiap desain maupun konten di media sosial. Rolex membuktikan bahwa mempertahankan citra klasik tidak menghalangi suatu brand untuk besar, sukses, dan terkenal. Melalui unsur klasik dari gambar-gambar yang diunggah di media sosial, Rolex berhasil mendapatkan perhatian dan minat publik. 

4. Tiffany & CO Melalui Tumblr Romantis 

Jika Nike sukses melakukan kegiatan branding di Twitter, maka Tiffany & Co sukses melakukan branding di Tumblr. Lewat akun resmi Tumblr miliknya, salah satu brand terkenal untuk produk perhiasan mewah dan berkelas ini sukses menarik minat dan perhatian publik. Lewat foto-foto romantis, brand terkemuka ini mampu menggaet perhatian para pasangan untuk menjadikan koleksinya sebagai tanda kasih yang abadi. 

5. Chanel dengan Teknik Story Telling di Website 

Chanel pertama kali berdiri di tahun 1910 di Paris, Perancis. Pendirinya adalah seorang perempuan muda berusia 21 tahun yakni Gabrielle “Coco” Bonheur Chanel. Saat ini Chanel mengisi daftar merek paling mewah di dunia dan kesuksesannya masih terlihat jelas sampai sekarang. Salah satu kegiatan branding populer dari Chanel adalah konten yang memakai sistem storytelling. Chanel mencoba mengajak para pengunjung website memasuki dunia Chanel sebagaimana membaca sebuah buku dongeng dengan sistem bab per bab.

5 kegiatan branding di atas tentu patut untuk ditiru karena mampu menarik perhatian publik dan kemudian sukses besar. Hingga saat ini brand-brand tersebut masih dicintai oleh publik luas dengan harga yang fantastis maupun dengan desain yang super unlimited. Jika ingin mengikuti jejak kesuksesan brand terkenal tersebut, silahkan mencoba dengan melakukan teknik ATM. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Tips Buat Logo Olshop Anda Lebih Menarik

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!