20 April 2021

Bagi pemilik toko online, nama brand adalah investasi jangka panjang yang perlu dipikirkan dengan matang.

Hal ini karena nama tersebut akan berpengaruh pada branding bisnis Anda. Selain itu, nama yang unik dan menarik juga akan lebih mudah dikenal dan diingat sehingga dapat membantu Anda dalam melakukan promosi bisnis. Sebenarnya membuat nama untuk toko online adalah perkara yang susah-susah gampang. Oleh karena itulah, Anda perlu mendesain dengan serius nama toko online yang akan dijalani. Agar toko online Anda dilirik oleh konsumen dan target pasar, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membuat nama brand.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Membuat Karakteristik Merek Penting

9 Tips Menentukan Nama Brand

Terkadang membuat nama toko membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini adalah 9 tips menentukan nama brand secara efektif dan efisien.

1. Singkat dan Sederhana

Nama toko yang singkat dan sederhana akan membuat brand Anda mudah diingat. Selain itu, toko Anda juga menjadi lebih menonjol dibanding brand lainnya. Anda dapat mencoba menulis semua kata kunci yang berkaitan dengan niche bisnis yang dijalani. 

2. Berbeda dan Unik

Tidak hanya sederhana, brand toko online Anda juga harus berbeda dan unik. Pikirkan kata-kata yang sekiranya berhubungan dengan produk yang dijual atau menggunakan nama sendiri. Contohnya seperti brand Tanamera Coffee yang diambil dari istilah “Tanah Merah” yang menggambarkan tanah Indonesia.

3. Harus Original

Meski membuat nama brand adalah hal yang cukup sulit, namun Anda tetap tidak diperbolehkan untuk menjiplak brand lain yang sudah ada. Hal ini tentu akan menjatuhkan reputasi bisnis Anda nantinya. Jadi, pastikan nama toko online Anda original dan belum dipakai oleh orang lain.

4. Deskriptif

Tips yang tidak kalah penting dalam menentukan nama toko adalah deskriptif. Tips ini diperlukan agar konsumen dapat mengetahui produk yang ditawarkan hanya dengan membaca brand nya saja. Membuat nama yang deskriptif cukup mudah karena Anda hanya perlu mengumpulkan kata-kata yang berkaitan dengan produk yang dijual.

5. Mudah untuk Dieja

Tips ini harus Anda perhatikan dengan baik dan dipraktikkan. Nama toko yang sulit dieja membuat konsumen akan kebingungan atau bisa saja terjadi kesalahan saat konsumen mencari toko Anda di pencarian Google.

6. Jangan Gunakan Tanda Penghubung

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan tanda hubung pada nama toko Anda. Penggunaan tanda hubung akan membuat konsumen kesulitan dalam mengucapkan brand ataupun mencarinya di laman pencarian. 

7. Memiliki Cerita

Nama toko online yang memiliki background cerita akan mudah diingat dan dapat meyakinkan konsumen yang menjadi pelanggan setia Anda. Cerita dari sebuah brand juga merupakan identitas personal dari sebuah bisnis. Adapun background cerita bisa direpresentasikan melalui nama ataupun logo brand.

8. Konsisten

Jika Anda sudah mendapatkan nama yang cocok, maka perlu memastikan sekali lagi bahwa nama tersebut belum ada yang menggunakan. Apabila tidak ada nama yang sama, Anda bisa segera membuat akun baru di platform digital yang akan menjadi media branding dan promosi produk Anda. Ingat, akun username harus sama dengan nama brand yang sudah dibuat.

9. Nama Toko Tersedia untuk Domain

Tips terakhir untuk menentukan nama brand adalah mengecek ketersediaan domain dari nama toko Anda. Caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi halaman cek domain. Jika ternyata domain yang diinginkan tersedia, maka sebaiknya beli domain tersebut supaya bisnis Anda bisa segera berjalan.

Baca Juga: Cara Menentukan Target Audiens untuk Branding Usaha
Demikian penjelasan tentang 9 tips menentukan nama brand yang bisa Anda coba. Jangan ragu untuk meminta pendapat ke orang terdekat terkait nama yang sudah dibuat. Dengan begitu, maka Anda akan mendapatkan masukan dan feedback dari orang lain. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!