28 October 2019

“Bagi pebisnis membangun brang adalah hal yang sangat penting.” 

Sedangkan bagi konsumen brand memberi mereka alasan untuk memilih merek dan membayar lebih untuk beberapa merek daripada yang lain. Itulah mengapa cara membangun brand degan memahami customer understanding penting. Hal ini karena brand sangat penting dalam keberhasilan bisnis.  Sejumlah penelitian bahkan mengkhususkan untuk memahami bagaimana mereka berfungsi dalam benak konsumen dan pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian. Karena tanpa konsumen, merek akan mati.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Agar Mudah Dikenal Dan Disukai

Cara Memahami Konsumen

Ada beberapa cara agar bisa memahami konsumen untuk menyesuaikan benak konsumen yang bersifat dinamis. Mari simak pendekatan dinamis yang bisa digunakan untuk memahami merek. 

Untuk memahami posisi brand di dalam benak konsumen dapat dimulai dengan mengumpulkan daya yang tepat serta memahami bagaimana mereka ada dan diakses dalam pikiran. Hal tersebut dapat memberikan starting point dalam perencanaan merek Anda. Setiap persepsi mengenai merek di benak konsumen dapat dipengaruhi oleh empat dimensi berbeda:

  • Salience – Tahap awal sebuah merek berada dalam benak konsumen.
  • Diferensiasi – Suatu merek harus menempati posisi khusus atau beda dibandingkan merek pesaing guna mempertahankan tempat di benak konsumen.
  • Relevansi – Jika diferensiasi penting, relevansi akan lebih penting bagi keberhasilan merek sehingga memberikan makna yang berkesan bagi konsumen.
  • Loyalitas – Bagaimana merek bisa terhubung dengan konsumen dan mendorong konsumen untuk memilih merek Anda dibandingkan merek lain.

Metode pendekatan  ini bisa dieksplorasi dengan cara mewawancarai konsumen yang sama pada dua titik waktu atau lebih. Walaupun memantau konsumen yang sama di berbagai titik dalam kurun waktu tertentu merupakan tantangan metodologis. Pada akhirnya hal ini menjadi salah satu metode yang ampuh untuk mengevaluasi merek dalam benak konsumen. 

Word of Mouth

Selain itu Word of Mouth adalah hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengerti konsumen. Word of Mouth atau WoM semakin terlihat pengaruhnya ketika situs ulasan online dan media sosial muncul dan memperluas jangkauan pengaruh WoM. 

Mengingat semakin pentingnya WoM, para pebisnis harus bisa mengevaluasi efektivitas dalam menghasilkan dan memanfaatkan semua jenis WoM. Biasanya perusahaan dapat mengajukan pertanyaan dan mengumpulkan data, seperti:

  • Percakapan apa yang dilakukan orang tentang merek dan produk Anda?
  • Ketika orang berbicara dengan pemilik toko atau karyawan toko, apakah mereka memiliki persepsi yang lebih baik tentang brand Anda?
  • Ketika orang-orang berbagi informasi tentang merek anda, apakah kecenderungannya negatif atau positif, ada emosional atau sekedar acuh?

Dengan melakukan identifikasi untuk menyentuh emosional konsumen, maka hal tersebut dapat menjadi petunjuk yang kuat apakah brand Anda sehat atau justru bermasalah. Melalui analisis sentimen pengalaman WoM dapat menunjukkan hubungan emosional yang dimiliki konsumen terhadap suatu brand.

Baca Juga: 3 Strategi Branding Produk Sebagai Brand Guideline-Mu Yang Komprehensif

Memahami bagaimana brand berada di benak konsumen adalah tantangan yang cukup signifikan. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengetahui bagaimana cara membangun brand dengan memahami konsumen Anda, kami Dreambox Branding Agency dapat membantu Anda. Segera hubungi kami di sini.