29 July 2020

Salah satu elemen penting dalam berbisnis adalah brand equity; yang perlu dilakukan dengan hati-hati dan cermat.

Berbisnis memang menjadi tren pekerjaan populer masa kini. Namun untuk  membuat bisnis menjadi sukses, ada banyak sekali elemen yang perlu diperhatikan. Salah satunya ialah brand equity atau ekuitas brand. Elemen yang satu ini sering terlupakan padahal perannya sangat krusial dalam bisnis.

Baca Juga: 10 Branding Elements Paling Penting Saat Ingin Memulai Bisnis

Jika ekuitas brand baik, maka usaha yang Anda jalankan bisa bertahan dan bersaing di tengah pasar. Akan tetapi, dalam membangun ekuitas brand dibutuhkan cara yang tepat dan konsistensi yang tinggi. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Cara Membangun Brand Equity dengan Mudah

Berikut beberapa cara mudah yang bisa membangun ekuitas brand perusahaan Anda dengan kuat,

1. Membangun brand identity

Langkah utama yang perlu dilakukan untuk membangun ekuitas brand ialah dengan membuat brand identity terlebih dahulu. Brand identity merupakan elemen berisi value perusahaan yang biasanya berupa desain visual, simbol, logo, dan lainnya.

Brand identity atau identitas merk ini sangat erat kaitannya ekuitas brand. Dengan membangun identitas merk yang kuat, maka perusahaan bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus seperti memperoleh kepercayaan dan loyalitas konsumen, meningkatan distribusi, punya referensi profesional, dan menjadi pembeda yang unik.

Ke-semua aspek tersebut tentunya bisa menciptakan brand equity perusahaan yang kuat.

2. Tentukan nilai dari brand

Selanjutnya, tentukan nilai brand perusahaan Anda. Nilai perlu diambil dari citra yang akan dibangun dan kinerja dari perusahaan Anda. Citra merupakan aspek sosial dan psikologis dari sebuah brand. Citra ini yang nantinya akan menggiring loyalitas pelanggan. Bahkan pelanggan juga bisa melakukan pemasaran word of mouth jika perusahaan sudah memiliki citra yang baik.

Sedangkan kinerja merupakan gambaran dari seberapa baik kualitas produk Anda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Jadi, untuk memiliki ekuitas yang baik, nilai brand yang Anda bangun perlu punya unsur kinerja dan citra di atas.

Anda bisa mendiskusikannya dengan team inti, karena dalam membangun nilai tidak bisa hanya diambil dari perspektif pribadi saja.  Dengan nilai yang kuat, pelanggan bisa dengan mudah menangkap pesan yang ingin disampaikan.

3. Ciptakan perspektif pelanggan yang positif

Pelanggan akan melihat suatu brand melalui perasaan mereka sendiri. Bahkan perasaan-perasaan ini lebih bersifat subjektif. Biasanya perspektif pelanggan ini dibangun dari kualitas produk, kredibilitas, keunggulan produk dengan kompetitor, hingga kecocokan produk atau jasa dengan kebutuhan pelanggan.

Menciptakan pengalaman atau perspektif positif pada pelanggan ini memegang bagian penting dalam membangun brand equity perusahaan. Karena itu buatlah perspektif yang menggambarkan kehangatan, keamanan, dan kegembiraan.

Semua perasaan positif tersebut perlu bersentuhan langsung dengan brand. Misalnya dengan menyelipkan pada bagian motto, visual art, logo, iklan, pelayanan, dan lainnya.

4. Bangun ikatan mendalam dengan pelanggan

Beberapa marketer menilai bahwa membangun ikatan yang mendalam dengan pelanggan cukup sulit. Tapi hal ini juga bisa menjadi tolok ukur keberhasilan dalam berbisnis. Jika brand Anda sudah sudah berhasil memiliki ikatan psikologis yang kuat dengan pelanggan, maka mereka tidak akan mudah berpaling.

Pelanggan juga akan terus melakukan pembelian di perusahaan Anda. Bahkan tidak jarang pula yang memberikan masukan demi kebaikan usaha Anda. Tidak hanya itu, jika pelanggan sudah menaruh hati maka mereka akan melakukan pemasaran dari mulut ke mulut. Selain bisa meningkatkan penjualan, hal ini juga bisa membuat ekuitas brand perusahaan menjadi sangat kuat.

Membangun brand equity ini perlu dilakukan dengan hati-hati disertai semangat yang kuat. Bahkan tidak jarang yang perlu melakukan usaha marketing jangka panjang agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Tapi jika ekuitas sudah kuat, dalam keadaan apapun perusahaan Anda bisa tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga: Cara Branding dan Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Branding

Untuk informasi lebih lengkap mengenai dunia branding, silakan kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.