24 August 2020

Slogan atau tagline adalah susunan kata yang mengandung pesan kuat sebuah brand. Slogan ini memiliki peran penting dalam mengembangkan bisnis dan menciptakan kesan pada calon konsumen.

Anda mungkin sudah tak asing dengan yang namanya tagline atau slogan. Bahkan mungkin ada beberapa slogan dari sebuah brand yang sudah Anda hafal di luar kepala, bukan? Kekuatan dari tagline atau slogan ini tidak bisa dibilang main-main, karena dapat membuat sebuah produk memiliki ciri khas tersendiri. Slogan untuk perusahaan adalah hal penting untuk mengembangkan bisnis dan meninggalkan kesan pada masyarakat atau calon konsumen.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tagline yang Kuat dan Menarik untuk Bisnis

Ada banyak definisi tentang tagline atau slogan ini, salah satunya dari seseorang bernama Eric Swartz yang merupakan seorang penulis dan juga ahli brand tagline. Menurutnya, tagline atau slogan ialah susunan kata yang diringkas dengan sedemikian rupa hingga mengandung pesan yang kuat dari sebuah brand. Pembuatannya pun sering kali tidak lebih dari 7 kata. Semakin ringkas slogan yang dibuat maka akan semakin baik. Untuk itu, membuat slogan untuk perusahaan harus dilakukan dengan sangat cermat dan juga tepat sasaran.

 

Mengapa Tagline atau Slogan Perusahaan Begitu Penting?

Ada berbagai alasan mengapa slogan menjadi hal yang begitu penting. Sebagai seorang pelaku bisnis yang ingin mengembangkan bisnis dengan lebih dalam, tentu Anda harus memahami apa saja alasan yang dimaksud tersebut. Karena dengan memahami pentingnya slogan, Anda akan mampu membuat slogan yang mengena di hati masyarakat dan selalu diingat. Berikut uraian mengenai pentingnya slogan.

1. Menjadi Sebuah Identitas Usaha

Produk yang memiliki identitas tentunya akan lebih bisa diingat oleh masyarakat luas dari kalangan bawah hingga atas. Maka dari itu, membuat slogan tak hanya harus menarik, tapi juga harus tepat dan jujur dalam mewakili produk tersebut. Untuk bisa jujur dalam membuat tagline, sebaiknya diperhatikan apa saja aspek berkualitas yang ada pada produkmu. Misalnya saja dari segi pengolahannya, bahan baku, keawetan produk dan lain sebagainya.

Slogan untuk perusahaan bisa dibilang dibuat untuk kepentingan jangka panjang, di mana jika tidak cermat melakukannya akan berakibat fatal bagi produk tersebut suatu saat nanti. Perhatikan juga untuk tidak membuat tagline yang umum dan memberikan kesan berlebihan, karena hal itu sama sekali tidak akan diingat oleh masyarakat.

2. Memberikan Pengetahuan Tentang Visi dan Misi Perusahaan

Selain sebagai sebuah identitas, slogan untuk perusahaan juga bisa digunakan sebagai cara untuk memberitahukan mengenai visi dan misi dari perusahaan. Penggunaan tagline yang begitu ringkas dan jelas akan membuat konsumen lebih mudah ingat dengan apa visi dan misi yang dianut oleh perusahaan tersebut.

3. Untuk Menunjukkan Komitmen dan Keunggulan

Semakin ketatnya persaingan bisnis di masa sekarang ini harus membuat Anda lebih pintar dari saingan bisnis Anda. Oleh karenanya untuk membuat usaha Anda lebih unggul, Anda harus menyadari pentingnya slogan dalam hal ini. Dengan menunjukkan keunggulan usaha Anda kepada khalayak umum, maka Anda akan dinilai lebih berkomitmen daripada para pesaing.

Setelah mengetahui tentang pentingnya slogan, tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara yang tepat agar slogan Anda terdengar menarik dan terngiang di otak para konsumen, bukan? Mungkin memang kedengarannya sangat gampang, tapi dalam membuat slogan faktanya tidak segampang itu. Karena memang dibutuhkan ketelitian dan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan yang paling cocok.

 

Anda bisa membuat slogan untuk perusahaan yang lebih menekankan pada keunggulan perusahaan atau produk, selain itu membuatnya terdengar berirama juga menjadi salah satu poin agar slogan bisa lebih menarik. Tak lupa untuk refleksikan produk atau perusahaan Anda dengan sangat jujur agar pembuatan slogan semakin mudah, tekankan pula komitmen perusahaan Anda ketika membuat slogan agar didapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Kumpulan Tagline Unik dan Sering Digunakan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.