19 October 2020

Branding adalah aspek penting dalam marketing. Tidak hanya produk yang berbentuk barang, branding juga penting untuk usaha berbentuk jasa, atau disebut pula service branding.

Branding adalah suatu aspek yang penting dalam sektor marketing. Untuk membangun sebuah branding, diperlukan beberapa faktor pendukung yang harus dipenuhi. Kekuatan branding ini sangat kita butuhkan, baik di sektor penjualan produk berbentuk barang (Product Branding) maupun sektor usaha yang berbentuk jasa (Service Branding).

Baca Juga: Pentingnya Branding UMKM untuk Meningkatkan Penjualan di Tengah Pandemi

Branding pada produk yang berbentuk barang akan terlihat sangat penting, karena sebuah barang memang berwujud (dapat dilihat dan diraba). Akan tetapi untuk sebuah layanan jasa, apakah juga memerlukan branding? Berikut akan dibahas pentingnya branding dalam sektor layanan jasa, serta tips yang dapat dilakukan,

Alasan Pentingnya Service Branding

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa branding juga perlu dilakukan pada sektor layanan jasa atau service. Simak selengkapnya, ya.

1. Jasa tidak memiliki wujud

Produk yang berupa jasa tidak memiliki bentuk yang konkret. Sehingga branding jasa sangat penting untuk menjaga ‘wujud’ dari produk itu sendiri. Dengan menyematkan branding pada sektor usaha jasa kita, maka kita juga dapat menjadikan jasa tersebut sebagai komoditas yang layak diperjual-belikan.

2. Layanan jasa tidak dapat berpindah tangan

Katika kita membeli sebuah produk berbentuk barang, maka barang yang kita beli tersebut dapat dengan mudah  berpindah dari tangan penjual ke tangan kita. Hal ini tentu saja tidak dapat kita temui dalam produk yang berupa jasa. Sehingga dengan melakukan branding, kita dapat menganalogikan bahwa layanan jasa yang telah kita berikan kepada customer adalah sebuah produk yang layak jual.

3. Meningkatkan kualitas skill

Jika sebuah produk yang berjenis barang memiliki bentuk, maka berbeda dengan jasa yang hanya bisa dirasakan manfaatnya. Ini adalah salah satu keunggulan dari usaha sektor jasa, karena tidak perlu ruang untuk menyimpan produk yang kita jual atau tawarkan. Tapi karena tanggung jawab branding, maka sebaiknya kita meningkatkan kualitas skill untuk menjaga service branding produk kita tidak menurun performanya.

4. Menarik konsumen loyal

Kalau barang bisa dibandingkan kualitasnya dari waktu ke waktu, maka kualitas sebuah layanan hanya bisa diketahui dengan merasakan layanan tersebut beberapa kali. Ini tidak akan terjadi jika customer tidak merasakan kepuasan dalam waktu yang singkat, apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga, branding terhadap layanan jasa kita diharapkan mampu memberikan sugesti tersendiri supaya customer tetap betah untuk menjadi konsumen loyal kita.

Beberapa Tips untuk Service Branding

Untuk Anda yang sedang melakukan proses branding dalam perusahaan layanan jasa milik Anda, ada beberapa tips yang baik untuk disimak dan diperhatikan. Yaitu sebagai berikut.

1. Konsisten dalam melakukan pelayanan

Terutama untuk usaha layanan jasa yang masih baru, sebaiknya selalu menjaga konsistensi, atau kalau perlu meningkatkannya. Hal ini terutama bertujuan untuk membuat konsumen mengetahui dan tertarik dengan layanan jasa yang kita miliki.

2. Menjaga kualitas layanan

Jika kualitas layanan kita menurun dari waktu ke waktu, tentu hal ini akan berakibat buruk pada usaha layanan jasa kita. Perlu ditanamkan bahwa konsumen senantiasa menginginkan kualitas layanan yang stabil, bahkan kalau perlu yang semakin membaik kualitasnya.

3. Tidak menjanjikan hal-hal yang terlampau berlebihan

Memang kita harus menjanjikan yang terbaik dalam layanan jasa kita. Akan tetapi, usahakan janji tersebut tidak berlebihan. Karena layanan yang tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen justru akan menurukan kualitas branding kita.

Jadi bagaimana? Sudah paham mengenai pentingnya service branding? Semoga dapat dipraktikkan dengan baik dan memberikan dampak positif untuk usaha layanan jasa yang Anda bangun, ya!

Baca Juga: Pentingnya Responsive Logo untuk Konsistensi Konsumen dalam Pengenalan Brand

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.