13 January 2020

Brand merupakan segala hal yang berkaitan dengan identitas perusahaan, produk, dan layanan.

Membangun brand agar bisa dikenal oleh orang banyak menjadi hal yang penting. Namun untuk sampai ke tahap itu, tentunya tidak mudah dan membutuhkan proses serta waktu yang panjang.

Baca Juga: Bermacam-Macam Product Placement Film

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membangun Brand

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, proses membangun brand biasanya membutuhkan waktu yang panjang. Jika, ingin mencapainya dalam waktu singkat, pengusaha wajib memiliki pemahaman yang sangat baik tentang brand miliknya. Serta memerlukan tidak hanya niat dan usaha yang keras saja, tetapi juga strategi branding dan marketing yang baik dan kemampuan mengambil keputusan yang tepat.

Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk membangun sebuah brand agar bisa diingat oleh konsumen? Simak uraiannya di bawah ini.

Langkah Membangun Brand

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand sejak awal.

1. Riset Mengenai Calon Pelanggan dan Kompetitor

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset kepada target audiens atau calon pelanggan Anda. Anda perlu tahu, untuk siapa brand tersebut ditujukan, kemudian bagaimana data demografisnya. Dengan demikian Anda bisa membuat brand yang sesuai dengan mereka.

Melakukan riset kompetitor juga penting dilakukan dan bisa membantu Anda untuk mengetahui mengenai hal tadi. Dari kompetitor yang menjual produk dengan kategori sama, Anda bisa tahu siapa dan seperti apa audiens yang mereka targetkan.

2. Tentukan Fokus dan juga Karakteristik

Tentukan arah fokus dari brand yang akan dibuat. Kepada siapa value brand ditujukan? Bagaimana Anda menyampaikan value tersebut? Kebutuhan seperti yang dipenuhi oleh brand?

Jika fokus brand Anda sudah jelas, maka hal ini dapat membantu menciptakan karakteristik brand Anda. Karakteistik ini pula yang menentukanbrand voice dalam media social dan juga penampilan dalam segi digital creative.

3. Nama dan Slogan Brand

Nama brand merupakan hal penting dalam bisnis. Pilihlah nama yang unik, mudah diingat dan menimbulkan kesan tesendiri bagi brand Anda. Sertakan pula dengan slogan, singkat dan deskriptif namun mampu mewakili visi misi brand yang terdengar catchy.

4. Tampilan Visual dan Logo

Buat tampilan visual yang menarik pada kemasan produk (packaging) Pilihlah font dan warna yang menjadi gaya atau karakteristik utama brand Anda. Tentukan pula logo yang akan mewakili brand Anda, baik itu nilai maupun visi dan misi. Logo haruslah unik, terukur, dan tentunya mudah diingat.

Membangun Brand: Terus Kembangkan

Jika nama, slogan, logo, dan karakterisitik brand Anda sudah terbentuk, maka proses membangun brand tidak berhenti begitu saja. Membangun brand adalah langkah berkelanjutan yang perlu Anda terus lakukan agar pelanggan bisa mengingat brand Anda secara otomatis.

Anda perlu terus mengembangkan brand Anda dan berinteraksi dengan pelanggan untuk meningkatkan engagement. Selain itu, selalu jaga reputasi dan citra brand untuk ‘menahan’ pelanggan-pelanggan setia.

Anda bisa memanfaatkan iklan sebagai salah satu cara efektif untuk branding. Iklan, terutama yang dipasang di media sosial memiliki pasar yang potensial mengingat banyaknya pengguna media sosial di Indonesia. Semakin banyak orang yang terus-terusan melihat iklan Anda.

Selain itu, manfaatkan pula kegiatan yang mampu membuat brand Anda semakin dikenal seperti pameran, event, atau bazar. Anda bisa membuka stand bisnis sendiri agar menarik pengunjung untuk mengenalkan produk atau brand Anda.

Baca Juga: Memanfaatkan Meme Sebagai Ide Pemasaran Terbaru

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.