Pengaruh Pagination untuk Performa SEO & User Experience

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
pagination-dreambox

Pagination: Cara Membuat, Optimalisasi, Pengaruh SEO Website

Pagination, apakah Anda sudah cukup familiar dengan salah satu istilah dalam dunia website tersebut? Anda mungkin saja bisa membuka berbagai jenis website setiap harinya, untuk memenuhi berbagai keperluan. Dalam berbagai struktur website, jika Anda perhatikan, ada pembagian halaman yang sering disebut sebagai pagination.

Jika masih merasa asing, atau jika sudah tahu namun ingin lebih mendalaminya, maka inilah artikel yang tepat bagi Anda. Mari pahami lebih lanjut tentang pembagian halaman tersebut, termasuk cara membuat, tips optimalisasi, dan manfaat atau pengaruhnya terhadap SEO website.

Pengertian Pagination Lengkap

Sebelum membahas lebih lanjut cara kerja dan sebagainya, maka ada baiknya Anda pahami dulu apa yang dimaksud dengan istilah yang satu ini. Secara umum, paginasi merupakan elemen penting dalam pengelolaan website yang berfungsi untuk melakukan pembagian konten, sehingga nantinya menjadi beberapa halaman terpisah.

Hal ini menjadi penting dalam proses navigasi website, karena dapat memudahkan pembaca atau pengunjung untuk menemukan jenis konten yang sedang mereka cari. Konten tersebut telah terbagi menjadi beberapa jenis halaman yang lebih kecil, sehingga pencarian pun dapat lebih terfokus.

Biasanya, Anda juga akan menemukan berbagai elemen navigasi yang dapat mendukung aktivitas pengunjung, misalnya tombol berikutnya atau next yang bisa berfungsi untuk beralih halaman. Jika pengunjung mengklik tombol tersebut, maka tampilan layar akan beralih ke halaman selanjutnya.

Selain dengan memanfaatkan tombol ‘berikutnya’, ada juga jenis navigasi yang memanfaatkan tombol berupa angka supaya dapat memudahkan pembaca. Teknik ini sangat berguna untuk berbagai jenis website, terlebih yang memuat berbagai data besar dan berat untuk dibuka. Seperti website untuk eccomerce. 

Cara Kerja dan Cara Membuat Pagination

Setelah memahami pengertiannya, selanjutnya mari mempelajari tentang bagaimana cara kerja dan cara menerapkan teknik yang satu ini.

1. Cara Kerja

Fungsi utama yang sangat penting dari teknik ini yaitu untuk membuat halaman website menjadi lebih teratur dan mudah untuk dibaca, meski bisa saja ada banyak postingan baru setiap harinya.

Contoh dari teknik ini bisa Anda temukan di berbagai portal berita, misalnya ketika Anda ingin membuka berita ekonomi, maka di sana sudah tersedia rubrik ekonomi yang terpisahkan dengan topik berita lainnya. Demikian pula untuk topik berita lainnya, misalnya olahraga, lifestyle, politik, hukum, dan sebagainya.

Contoh-pagination-dreambox

Selain itu, dalam setiap halaman pun diatur jumlah konten atau postingannya, misalnya sebanyak 10 artikel. Jika Anda ingin melihat lebih banyak, maka Anda bisa membuka di halaman selanjutnya.

2. Cara Membuat di WordPress

Jika akan menerapkan teknik ini di WordPress, maka caranya cukup mudah, sehingga Anda bisa mengikuti berbagai langkah yang ada dengan tepat. Ketika akan membagi jumlah konten atau postingan dalam setiap halaman, maka Anda bisa masuk ke bagian setting atau pengaturan. 

Di bagian tersebut, Anda bisa memilih jumlah yang diinginkan untuk dimuat pada setiap halamannya. Untuk dapat melakukan pengaturan ini, maka Anda bisa masuk ke bagian Admin, lalu klik Setting, kemudian pilih bagian Reasing, dan masuk ke Blog page show at most.

Lalu, jika ingin memasuki pengaturan halaman secara lebih dalam, maka Anda perlu memakai source code yang telah ada. Ketika ingin memakai fungsi link untuk penerapan next page dan previous page, maka Anda dapat memasukkan function posts_nav_link(). Pelajari juga plugin-plugin WordPress untuk memudahkan Anda membuat pagination. 

Tips dan Cara Optimalisasi Pagination

Jika ingin meningkatkan kenyamanan dan efektivitas dari pengaturan halaman di website Anda, maka berikut ini adalah tips dan cara untuk optimalisasinya.

1. Manfaatkan Meta Tag SEO

Tips pertama yaitu dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan meta tag SEO. Anda perlu memasukkan meta tag yang sesuai dan relevan dengan konten Anda, serta masukan juga meta deskripsi yang bisa menjadi cerminan dari isi konten Anda.

Selanjutnya, jika bisa memakai jenis meta tag yang unik, maka visibilitas halaman Anda pun akan lebih meningkat di mesin pencarian.

2. Perhatikan Duplikat pada Halaman Pagination

Kedua, sebaiknya Anda memperhatikan tentang duplikasi konten dan semaksimal mungkin untuk menghindarinya. Ini juga merupakan salah satu strategi penting jika Anda ingin menerapkan strategi SEO Dreambox secara optimal. Pada dasarnya, konten duplikasi semacam ini memang bisa sangat merugikan website Anda di mesin pencari.

Untuk dapat mengantisipasi hal ini, maka sebaiknya Anda memanfaatkan tag canonical dengan baik. Dengan begitu, maka mesin pencari bisa mengetahui mana versi utama dari konten website Anda, sehingga fokus pencarian pun bisa lebih tertuju ke versi utama dari konten Anda.

3. Perhatikan juga Kecepatan Loading

Hal ketiga yang penting untuk diperhatikan yaitu kecepatan loading pada halaman website Anda. Kecepatan inilah yang menjadi salah satu faktor apakah pengunjung akan tetap berada di halaman tersebut atau justru memutuskan untuk keluar.

Jika loading halaman terlalu lama, maka bisa saja banyak pengunjung yang merasa malas dan mencari website serupa lainnya yang lebih cepat untuk dibuka.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kecepatan ini. Supaya kecepatannya bisa maksimal, maka Anda sebaiknya mengoptimalkan ukuran gambar, video, dan berbagai multimedia di sana. Selain itu, memilih penyedia hosting yang tepat juga menjadi salah satu faktor penting dalam mengoptimalkan kecepatan.

Manfaat Pagination untuk SEO Website

Teknik ini tentunya banyak dipakai bukan tanpa alasan, berikut adalah berbagai manfaatnya untuk meningkatkan SEO website Anda.

1. Memudahkan Navigasi

Sejak awal, telah dijelaskan tentang cara kerja dari teknik ini dan seperti apa gambarannya secara umum. Pada dasarnya, teknik ini memang sangat penting dalam hal memudahkan navigasi bagi para pengunjung,

Ketika akan mencari sesuatu, maka mereka bisa langsung mengklik halaman yang sekiranya cocok dengan topik tersebut. Jika tidak menemukan apa yang mereka cari dalam halaman pertama, maka mereka pun bisa langsung menuju halaman selanjutnya, dan begitulah seterusnya hingga menemukan apa yang mereka cari.

Selain itu, dengan navigasi berupa angka, maka pengunjung juga bisa melihat sebanyak apa konten yang tersedia untuk topik tersebut.

2. Meningkatkan User Experience

Selanjutnya, teknik ini juga dapat memberikan pengalaman pengguna atau user experience yang baik, karena mereka akan lebih mudah untuk mencari apa yang mereka inginkan tanpa perlu merasa pusing. Anda juga bisa memikirkan untuk menyerahkan optimalisasi website kepada Jasa Website Terbaik untuk Bisnis.

Optimalkan Performa Website Bisnis Anda Bersama Dreambox

Itulah berbagai penjelasan tentang teknik untuk membagi halaman pada konten website. Tentunya, ini adalah salah satu informasi penting jika Anda merupakan pemilik atau pengelola website, karena ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan teknik ini.

Pada praktiknya, Anda pun bisa menemui berbagai jenis website yang sudah memanfaatkan teknik pembagian halaman ini, sehingga Anda dapat menilai seberapa membantunya teknik ini bagi pembaca.

Di atas, sudah dijelaskan tentang cara kerja dan cara membuat teknik halaman ini, namun mungkin saja hal tersebut masih membingungkan bagi sebagian orang yang belum familiar dengan pengelolaan website. Selain itu, bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola website secara optimal, maka hal ini juga mungkin sulit untuk diterapkan.

Namun, tenang saja, Anda tidak harus memikirkan dan melakukan semuanya sendirian, karena layanan website development dari Dreambox bisa menjadi solusi bagi Anda. Jadi, jika ada kendala terkait penerapan pagination atau hal-hal lain yang berkaitan dengan digital marketing, Anda bisa segera hubungi kami!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms