Berbagai Digital Marketing Strategy dan Penggunaannya

Digital Marketing

Capai kesuksesan dengan strategy digital merketing.

Di era bisnis dan teknologi, digital marketing strategy menjadi salah satu faktor penting yang menentukan sejauh mana bisnis Anda berkembang dan mencapai kesuksesan.

Perusahaan yang berkembang di dunia digital mengalokasikan sumber dayanya secara signifikan. Khususnya sumber daya untuk kebutuhan implementasi strategi pemasaran digital. Dalam prosesnya, Anda dapat menjangkau pelanggan melalui berbagai platform online, meningkatkan konversi, serta pendapatan perusahaan.

Secara umum, strategi pemasaran adalah proses mengidentifikasi tujuan pemasaran secara spesifik. Melalui penetapan tujuan secara spesifik, Anda dapat merancang strategi dan mengevaluasinya untuk mencapai tujuan pemasaran yang efektif.

Baca Juga: 5 Digital Marketing Skill yang Dapat Anda Terapkan Dalam Berbisnis

Macam-Macam Digital Marketing

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat perbedaan yang cukup mendasar antara strategi pemasaran dan taktik pemasaran atau kampanye. Perencanaan marketing strategy mencakup penetapan tujuan secara jelas.

Sedangkan taktik marketing adalah bagian dari strategi pemasaran yang menggambarkan rencana kampanye beserta timeline-nya. Adapun macam-macam pemasaran yang berkontribusi penting dalam implementasi digital marketing strategy antara lain:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Kebanyakan orang kini mengandalkan mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan berbagai informasi hingga produk atau jasa yang mereka inginkan. Maka dari itu, platform ini wajib dieksplorasi sebagai ladang pasar yang potensial.

SEO adalah metode yang diterapkan untuk membuat blog maupun website bisnis berada di rangking teratas pada halaman pencarian search engine. Praktik SEO yang tepat dapat meningkatkan trafik pengunjung website Anda.

Ada dua hal penting dalam SEO yang harus diperhatikan, yaitu keyword (kata kunci) dan pembaruan situs. Kata kunci yang relevan dengan pencarian target audiens akan mendukung konten Anda ditemukan mesin pencari.

Pada dasarnya terdapat dua metode SEO yang mendukung digital marketing strategy, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah praktik optimasi yang diterapkan pada konten (post). Langkah-langkah optimasi SEO on page antara lain:

  • Buat permalink sederhana yang mengandung keyword kuat
  • Buat konten menarik, situs dengan waktu kunjungan lama bisa memperoleh rangking terbaik di SERP
  •  Menambahkan media berupa gambar maupun video
  • Lakukan optimasi media
  • Memaksimalkan heading dan subheading
  • Perhatikan penempatan kata kunci
  • Tambahkan keyword LSI
  •   Tambahkan deskripsi pada setiap konten artikel
  •   Perhatikan panjang konten

Sebaliknya, SEO off page adalah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten. Adapun langkah-langkah melakukan SEO off page antara lain:

  • Lakukan link building dengan memperhatikan Domain Authority dan Page Authority
  • Buat link dofollow
  • Manfaatkan anchor text
  • Perhatikan relevansi
  • Backlink building yang berkualitas

Baca Juga: Menentukan Anggaran Serta Digital Marketing Tips untuk Bisnis Anda

2. Iklan Pay Per Click

Untuk mencapai tujuan digital marketing strategy, Anda juga dapat memanfaatkan layanan iklan pay per click (PPC). Sesuai namanya, prinsip periklanan ini yaitu pengiklan dikenakan biaya setiap ada pengunjung yang mengklik tayangan iklan.

Iklan PPC biasanya terdapat di halaman pencarian Google. Jika ingin konten Anda langsung naik ke peringkat atas pada halaman pencarian Google secara instan, gunakan layanan Google Ads.

Halaman website akan memperoleh trafik tinggi dengan keyword yang relevan berdasarkan target konsumen Anda. Maka dari itu, riset keyword memiliki kedudukan penting agar dapat menempatkan keyword secara tepat pada konten iklan PPC.

Meskipun sama-sama menggunakan konten website, namun PPC berbeda dari SEO. Digital marketing strategy ini mengharuskan Anda membayar setiap pengunjung mengklik iklan. Sedangkan SEO menggunakan metode lain.

Kelebihan iklan PPC adalah konten Anda bisa menempati posisi teratas pada halaman pencarian secara instan. Jadi, ini sangat cocok jika Anda berencana melakukan promosi dalam waktu singkat.

3. Content Marketing

Pada dasarnya, content marketing adalah taktik pemasaran dengan cara fokus pada konten. Anda dapat memanfaatkan beragam konten mulai dari artikel, foto, video, infografis, atau lainnya untuk meningkatkan brand awareness.

Content marketing bertujuan untuk menjangkau audiens seluas mungkin sehingga mereka akan terhubung, terlibat, dan berkomunikasi dengan brand Anda.

4. Social Media Marketing

Digital marketing strategy tidak boleh melewatkan pemasaran yang memanfaatkan media sosial. Ini karena hampir semua pengguna internet memiliki akun social media di mana Anda dapat menjangkau dan terhubung dengan mereka.

Setiap media sosial memiliki pengguna dengan karakteristik berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset agar dapat menyesuaikan perencanaan konten sesuai karakteristik pengguna social media.

5. Email Marketing

Email marketing adalah pemasaran yang powerful untuk mempertahankan pelanggan lama maupun mendapatkan pelanggan baru. Melalui email marketing, Anda dapat meningkatkan brand awareness, membuat brand lebih diingat, dan mendorong pembelian ulang. Terdapat dua macam konten yang disampaikan melalui email marketing:

  • Email informasi, berupa konten email yang berisi informasi seperti tips dan trik hingga berita baru dari brand Anda.
  • Email promosi, berupa konten email yang berisi kampanye seperti promo untuk pelanggan baru, penawaran produk baru, dan promosi lainnya.

Baca Juga: Berbagai Layanan yang Ditawarkan Digital Marketing Services

Strategi Digital Marketing

Secara sederhana, strategi pemasaran digital adalah serangkaian taktik yang dirancang secara terarah untuk mencapai tujuan pemasaran melalui saluran online. Penerapannya melibatkan berbagai saluran online seperti sosial media, website, email, hingga iklan.

Strategi yang dirancang dengan tepat akan memberikan dampak krusial bagi kesuksesan perusahaan Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memeriksa aset-aset media yang dimiliki perusahaan.

Nantinya, aset media tersebut terlibat dalam penerapan digital marketing strategy. Adapun aset-aset media yang dimaksud antara lain:

  1. Media yang dimiliki, yaitu saluran komunikasi yang dimiliki perusahaan. Misalnya channel YouTube, podcast, website, blog, hingga platform-platform media sosial.
  2. Media berbayar, yaitu konten yang ditampilkan oleh pihak ketiga dengan membayarkan sejumlah biaya. Contohnya konten bersponsor di channel online, iklan digital. Konten endorsement yang dipost influencer juga termasuk media berbayar.
  3. Media yang diperoleh, yaitu konten pihak ketiga yang sama sekali tidak terkait dengan perusahaan Anda alias tidak berbayar seperti testimoni, review, hingga penghargaan. Konten semacam ini memberikan eksposure kepada bisnis Anda.

Implementasi digital marketing strategy bertujuan agar ketiga aset media tersebut memberikan dampak secara maksimal terhadap meningkatnya konversi hingga brand awareness secara umum.

Untuk itu, semua channel online termasuk blog, website, maupun social media perlu dimanfaatkan secara optimal untuk mendorong tercapainya tujuan pemasaran. Perlu diingat bahwa efektivitas strategi akan berubah seiring perkembangan pasar dan industri.

Tips Menggunakan Digital Marketing Strategy secara Efektif

Untuk menjalankan strategi pemasaran digital secara efektif, Anda dapat menerapkan langkah berikut ini:

1. Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah proses yang dilakukan untuk mengidentifikasi 4 aspek, yaitu strength, weakness, opportunity, dan threat.

  •         Strengths: faktor internal yang membantu perusahaan mencapai bahkan melebihi tujuan.
  •         Weaknesses: faktor internal yang berpotensi menghambat perusahaan mencapai tujuan.
  •         Opportunities: situasi eksternal yang berpotensi membantu kesuksesan perusahaan.
  •         Threats: situasi eksternal yang berpotensi mengancam perusahaan di masa depan.

2. Tetapkan Tujuan SMART

Digital marketing strategy perlu menetapkan tujuan SMART, yaitu

  •         Spesifik
  •         Measurable (terukur)
  •         Attainable (apakah tujuan akhir benar-benar bisa tercapai)
  •         Relevance
  •         Timely (menentukan tujuan berdasarkan timeline yang jelas)

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Digital Marketing Agency Terbaik?

3. Terlibat dalam Segmentasi Pasar

Agar terlibat dalam segmentasi pasar secara tepat, Anda dapat membaginya menjadi:

  •        Demografi konsumen
  •        Kepribadian konsumen
  •        Perilaku konsumen

Strategi pemasaran memainkan peranan vital untuk kesuksesan bisnis Anda. Untuk memenangkan persaingan di antara kompetitor, lakukan digital marketing strategy secara efektif. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.